Organ anggota badan tumbuh di tempat tidak sepatutnya!

 
1. Daun telinga tumbuh di tangan

Kerana kecelakaan atau penyakit, organ tubuh normal beberapa pesakit terpaksa harus diamputasi. Nah, untuk membuat organ baru, doktor terkadang harus menumbuhkannya di bahagian tubuh lain sebelum ‘memasangnya’ di tempat semula. Meski tampak aneh dan tidak wajar, cara ini ternyata manjur untuk membuat organ yang sudah diamputasi tumbuh kembali.

Berikut beberapa operasi menakjubkan yang telah berhasil membuat organ baru dengan cara menumbuhkannya di tempat aneh dan tak semestinya.

Dokter di Johns Hopkins telah berhasil menumbuhkan telinga di lengan Sherrie Walters. Wanita 42 tahun ini kehilangan telinga karena diserang kanker bernama basal cell carcinoma pada tahun 2008. Penyakit itu membuat telinga kirinya harus diamputasi bersama dengan beberapa bagian tengkorak dan saluran telinga.

Dia sekarang menjadi orang pertama yang menumbuhkan kembali telinga dengan menggunakan tulang rawan yang diambil dari tulang rusuknya sendiri. Dalam prosedur eksperimental, telinga ditempatkan di bawah kulit dan dibiarkan tumbuh selama empat bulan sebelum ditransplantasikan ke kepalanya.

2. Sebagian tengkorak disimpan di dalam perut
Akibat kecelakaan parah yang menimpanya, Jamie Hilton (36 tahun), mengalami pembengkakan dan pendarahan di bahagian otak. Untuk menyelamatkan nyawanya, tim dokter melakukan cara yang amat ekstrem, yaitu memotong sebagian tengkorak beserta otaknya untuk ditanam di dalam perut agar nanti bisa dipasang lagi di kepala.

Tengkorak mantan ratu kecantikan ‘Miss Idaho’ tahun 2009 ini harus ditanamkan di dalam perut selama 42 hari, yang memungkinkan tulang tetap steril dan menghentikan pembengkakan otak. Doktor kemudian memasang kembali tengkoraknya menggunakan sekrup titanium. Proses kesembuhannya pun berjalan dengan mulus.

3. ‘Tanduk setan’ untuk menghilangkan tanda lahir
 George Ashman (6 tahun) lahir dengan memiliki tanda lahir hemangioma yang berwarna merah terang dan ada benjolan pembuluh darah lembut yang abnormal. Untuk menghilangkan tanda lahir berwarna merah itu, dokter sampai harus menanam dua ‘tanduk’ di dahinya yang terlihat seperti tanduk setan.

Dokter menanamkan (implan) 2 jaringan ekspander di bawah kulit yang tujuannya melebarkan kulit di dahi secara bertahap. Setelah kulit dahinya melebar dengan bantuan dua ‘tanduk’ itu maka dokter boleh mengambil kelebihan kulit di atas tanda merah itu.

4. Kaki dioperasi terbalik agar sembuh dari kanser
Demi menyelamatkan nyawa dari kanser tulang osteosarkoma di paha yang mengganas, Dugan Smith (14 tahun) harus dioperasi yang membuat kakinya terbalik. Paha sampai lututnya harus dipotong, lalu betis kaki naik menjadi paha dan pergelangan kaki menjadi lutut dengan telapak kaki yang harus menghadap ke belakang bukan ke depan.

Kaki kanan Dugan yang baru sekarang tingginya hanya sebatas lutut. Lalu kerana menghadap ke belakang, telapak kakinya boleh ditekuk sehingga memudahkan memakai kaki palsu atau alat bantu berupa prosthetic (kaki palsu).

5. Tangan tumbuh di kaki
Tangan Ming Li (9 tahun) terputus setelah dilanggar traktor pada tahun 2010. Doktor mengatakan kerosakan begitu parah sehingga harus menempatkan tangan di kaki kanannya. Setelah 3 bulan, tangan tersebut disambungkan kembali di lengannya.

Dr Hou Jianxi dari rumah sakit tempat Ming dirawat di Zhengzhou, Provinsi Henan, mengatakan tangannya mengalami perbaikan dengan baik dan darah dapat mengalir normal melalui tangannya.

6. Jari tumbuh di atas perut
Wang Yongjun (20 tahun) mengalami kecelakaan kerja yang membuat jari tengah di tangan kirinya terputus terkena gergaji elektrik. Jari yang terpotong cukup panjang, tapi doktor tidak melakukan operasi pemotongan sisa jari. Sisa jari yang terpotong ditempalkan di daging perut agar boleh tumbuh kembali.

Teknik ini adalah cara untuk memulihkan sirkulasi darah ke jari yang terluka sehingga tubuh dapat memperbaiki bagian yang luka tersebut. Caranya, doktor mengoperasi dan melekatkan jari Wang ke perutnya dengan harapan kulit dan otot baru akan tumbuh di sekitarnya.

Sumber bikinsakithati.blogspot.com

0 Response to "Organ anggota badan tumbuh di tempat tidak sepatutnya!"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.